Tautan-tautan Akses

Hasil Otopsi: Zarqawi Tewas Akibat Ledakan Bom Yang Mencederai Paru-Parunya


Jurubicara militer Amerika mengatakan hasil otopsi pemimpin al Qaida di Irak Abu Musab al Zarqawi menunjukkan, luka-luka dan kematiannya memang disebabkan oleh ledakan bom. Jurubicara militer Amerika di Baghdad mengatakan, para pakar melakukan otopsi yang sangat rinci terhadap jenazah Zarqawi setelah tewas akibat serangan udara Amerika minggu lalu. Ahli bedah militer Amerika di Irak Kolonel Steve Jones mengatakan, ledakan bom itu menyebabkan cedera pada paru-parunya dan itulah yang menyebabkan kematiannya.

Kata Jones, tidak ada bukti Zarqawi menderita luka-luka akibat penyiksaan atau tembakan senjata. Sejumlah laporan yang mengutip para saksi menyebutkan, tentara Amerika menyiksa dan membunuh Zarqawi setelah serangan itu. Namun petugas medis Amerika mengatakan Zarqawi tengah mendapatkan perawatan medis saat dia meninggal 52 menit setelah serangan. Militer Amerika mengatakan, bukti DNA menunjukkan secara positif jenazah Zarqawi yang pada awalnya diidentifikasi dengan sidik jari. Kolonel Jones mengatakan penasehat spiritual Zarqawi Sheikh Abdul Rachman tewas seketika dalam serangan itu.

Sementara itu, Presiden Bush mengadakan pertemuan dengan para penasehatnya dari kalangan sipil dan militer untuk membahas masa depan peranan Amerika di Irak. Kepada wartawan Presiden Bush mengatakan, pembicaraan mereka terfokus pada cara terbaik membantu pemerintahan baru di Irak. Katanya, tewasnya pemimpin teroris Abu Musab al Zarqawi akibat serangan udara Amerika minggu lalu adalah pukulan yang telak bagi al Qaida, namun dia menambahkan hal itu tidak akan mengakhiri perang di Irak.

Pertemuan di tempat peristirahatan presiden di Camp David itu dihadiri oleh para pejabat tinggi Amerika, dan hubungan konperensi jarak jauh dengan komandan militer tertinggi Amerika di Irak Jendral George Casey selain para pejabat pemerintahan baru Irak. Pertemuan Presiden dengan para pejabat tinggi Amerika ini akan berlangsung hingga selasa ini. Jendral Casey mengatakan hari Minggu kemarin, dia tidak akan mengajukan rencana penarikan mundur tentara Amerika dari Irak, namun dia berharap akan ada pengurangan secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

XS
SM
MD
LG