Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Mengidentifikasi Dua Warganya Yang Tewas Bunuhdiri di Kamp Guantanamo


Arab Saudi telah mengidentifikasi dua dari tiga tawanan yang bunuh diri di pangkalan angkatan laut Amerika di Teluk Guantanamo, dan mengatakan negara itu meningkatkan upaya untuk memulangkan ke 100 warga Saudi yang ditahan Amerika di sana.

Pemerintah Saudi hari Ahad mengidentifikasi dua orang itu sebagai Manie al-Otaibi dan Yasser al-Zahrani. Orang ketiga, seorang Yaman belum diidentifikasi. Para tawanan itu menggunakan pakaian dan sprei untuk menggantung diri Sabtu malam.

Seorang pengacara bagi beberapa tawanan Saudi di Guantanamo mengatakan ia menganggap Amerika Serikat bertanggung-jawab atas kematian mereka. Katib al-Shimary mengatakan kepada televisi satelit Al Arabiya hari Ahad kematian itu mengungkapkan perlakuan yang tidak semestinya di Guantanamo dan betapa buruknya pelanggaran HAM di sana.

Tetapi Laksamana Angkatan Laut Amerika Harry Harris, komandan pengkalan Guantanamo di Kuba, mengatakan aksi bunuh diri itu direncanakan dan dikoordinasi oleh para tawanan dalam, apa yang ia katakan sebagai, “tindakan perang asimetris.”

XS
SM
MD
LG