Tautan-tautan Akses

Gunung Merapi Mengeluarkan Kepulan Asap dan Abu yang Sangat Besar


Gunung Merapi di Jawa Tengah mengeluarkan kepulan asap dan abu yang sangat besar, yang mendorong ribuan penduduk desa melarikan diri dari rumah mereka dekat gunung itu.

Para pakar vulkanologi Indonesia mengatakan kepulan asap dan abu hari ini merupakan yang terbesar sejak Merapi mulai mengeluarkan suara gemuruh beberapa pekan yang lalu. Asap abu-abu kehitaman itu turun ke lereng gunung itu hingga sejauh 5 kilometer.

Kepulan asap dan abu tersebut tidak mencapai daerah pemukiman penduduk, tetapi penduduk desa yang tinggal dekat gunung itu segera melarikan diri. Banyak perempuan terlihat menangis sambil menggendong bayi mereka. Banyak penduduk desa berlari meninggalkan daerah itu atau menaiki sepeda motor, mobil, dan truk.

Pihak berwajib mengatakan lebih dari 15 ribu orang telah diungsikan dari daerah tersebut. Mereka termasuk 11 ribu orang yang tinggal di sebelah barat Merapi, dan tiga ribu dari daerah Sleman di sisi selatan gunung itu.

Pulau Jawa masih sedang disiagakan akan kemungkinan letusan besar-besaran gunung Merapi. Para pakar khawatir kawah gunung itu akan roboh dan memuntahkan lebih banyak gas panas ke lerengnya, disertai lahar dan batu-batuan vulkanis.

XS
SM
MD
LG