Tautan-tautan Akses

Bush: Tanggapan Awal Iran Atas Paket Insentif Nuklir Tampaknya Positif


Presiden Bush mengatakan tanggapan awal Iran atas paket insentif yang bertujuan membujuk Teheran menghentikan pengolahan uranium kedengarannya positif. Bush berkata demikian hari Selasa kepada para wartawan di Texas, sementara Iran memberi reaksi berhati-hati atas paket insentif itu, dengan mengatakan paket tersebut berisi beberapa langkah positif. Tetapi ketua perunding nuklir Iran, Ali Larijani mengatakan paket itu juga bisa ditafsirkan mempunyai dua-arti. Ia mengatakan Iran akan mengakaji proposal itu secara seksama.

Seorang jurubicara Departemen Luar negeri Amerika mengatakan Teheran akan diberi waktu beberapa pekan, bukan beberapa bulan, untuk mempertimbangkan jawabannya atas tawaran tersebut. Jurubicara itu juga mengatakan Menteri Luar Condoleeza Rice telah memperoleh laporan melalui telpon oleh dierktur kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana, yang menyerahkan paket insentif itu Selasa pagi kepada Iran. Jurubicara itu mengatakan Solana menyebut pembicaraannya dengan para pejabat Iran “sangat bermanfaat dan konstruktif".

Sementara itu, Ketua Organisasi Kerjasama Shanghai membela keputusannya untuk mengundang Iran ke pertemuan tingkat tinggi akhir bulan ini, setelah adanya kecaman dari Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld. Awal pekan ini, Menteri Ruimsfeld mengatakan ia merasa heran bahwa organisasi yang menyatakan tentangannya terhadap terorisme mengundang salah satu negara terroris terkemuka di dunia ke suatu pertemuan.

Ketua Organisasi Kerjasama Shanghai Zhang Deguang hari Selasa memberitahu para wartawan bahwa pihaknya tidak bisa mentolerir negara-negara lain menyebut salah satu negara pengamat dalam organisasi itu -- negara pendukung teror. Zhang mengatakan jika organisasi itu beranggapan suatu negara mesponsor terorisme, negara tersebut tidak akan diundangnya. Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad diperkirakan akan menghadiri KTT itu pekan depan. Organisasi Kerja-sama Shanghai didirikan tahun 2001. Anggotanya termasuk Cina, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzebkistan.

XS
SM
MD
LG