Tautan-tautan Akses

Menhan Donald Rumsfeld Akan Berkunjung ke Indonesia 6 Juni


6 Juni mendatang, Menteri Pertahanan A.S. Donald Rumsfeld akan berkunjung ke Indonesia. Saat ini Rumsfeld berada di Singapura. Mehan Donald Rumsfeld mendesak Cina agar lebih bersikap terbuka mengenai anggaran pengeluaran militernya yang meningkat. Berbicara pada konperensi keamanan internasional hari ini di Singapura, Rumsfeld mengatakan bahwa sementara Cina makin berkembang dalam ekonomi dunia, seyogyanya Cina bersikap transparan demi kepentingan negara itu.

Cina mengatakan negara itu membelanjakan sekitar 30 milyar dolar per tahun untuk bidang pertahanannya. Tetapi Pentagon menaksir anggaran militer Cina tahun ini adalah 90 milyar dolar.

Mengenai isu-isu lain, Rumsfeld mengatakan dia merasa khawatir tentang langkah yang diambil Cina dan Rusia memasukkan Iran ke dalam Organisasi Kerjasama Shanghai, SCO. Katanya keterkaitan Teheran dengan teroris bertentangan dengan tujuan kelompok tersebut. SCO adalah kelompok keamanan yang anggotanya juga termasuk Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan and Uzbekistan.

XS
SM
MD
LG