Tautan-tautan Akses

Negara Dunia Sepakat Mengajukan Paket Perangsang dan Ganjaran kepada Iran


Negara-negara dunia telah sepakat untuk mengajukan kepada Iran sebuah paket perangsang dan ganjaran, dalam usaha untuk menyelesaikan sengketa program nuklir Iran.

Menteri Luar Negeri Inggris Margaret Beckett mengumumkan kesepakatan itu, setelah pertemuan di Wina hari Kamis, dengan para Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Perancis, Rusia, dan Cina, serta Jerman. Beckett mengatakan para Menteri sepakat mengenai usul yang mendalam bagi Iran untuk menghentikan kegiatan pengolahan uraniumnya. Dia mengatakan kalau Iran menolak, langkah lebih jauh akan diambil melalui Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, Cina mengatakan pihaknya telah menyampaikan kepada Iran bahwa Cina mendukung usaha diplomatic untuk menyelesaikan sengketa itu. Sebelum pertemuan di Wina, Amerika Serikat menawarkan untuk menyertai Uni Eropa dalam pembicaraan dengan Iran kalau Iran setuju menghentikan kegiatan nuklirnya.

Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki menolak persyaratan untuk pembicaraan itu, dengan mengatakan negaranya tidak akan menyerahkan haknya untuk mengolah uranium.

XS
SM
MD
LG