Tautan-tautan Akses

Rice: AS Bersedia Berunding dengan Iran Jika Hentikan Aktivitas Nuklir


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan Washington bersedia menyertai negara-negara Eropa berunding dengan Iran jika Teheran menghentikan aktivitas nuklir yang kontroversial.

Kepada wartawan hari ini Rice mengatakan, Amerika Serikat bertekad mencari penyelesaian diplomatik atas sengketa dengan Iran. Tetapi dalam menjawab pertanyaan, dia mengatakan Amerika membiarkan semua pilihan terbuka, termasuk penggunaan kekerasan, jika Iran terus memperkaya uranium.

Berbicara tidak lama sesudahnya, Presiden Bush mengatakan keputusan Amerika mencerminkan keinginan untuk berada di depan dalam mencari solusi diplomatik kemacetan dengan Iran. Rice mengatakan wakil-wakil Amerika menyampaikan pernyatannya kepada Iran melalui pemerintah Swiss. Prancis, Inggris, dan Jerman menyambut gembira langkah Amerika itu.

Menteri-menteri luar negeri mereka bertemu hari Kamis ini dengan menteri luar negeri Cina, Rusia dan Amerika Serikat untuk membicarakan paket insentif bagi Iran agar menghentikan aktivitas nuklir yang kontroversial.

XS
SM
MD
LG