Tautan-tautan Akses

Bush Peringatkan Konsekuensi Jika Iran Teruskan Kegiatan Nuklir


Presiden Bush mengatakan, sekarang terserah kepada Iran mau atau tidak menghentikan kegiatan nuklir yang sensitif dan menerima tawaran Amerika mengadakan pembicaraan untuk menyelesaikan persoalan nuklir itu. Presiden Bush mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih hari Kamis bahwa jika Iran menampik tawaran Amerika itu, dunia akan bertindak bersama-sama lewat Dewan Keamanan PBB.

Bush mengemukakan keterangan ini sementara para menteri luar negeri negara-negara besar bertemu di Wina membahas bagaimana mengatasi pertikaian mengenai program nuklir Iran. Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice bersama rekannya dari Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan Cina sedang merampungkan paket perangsang bagi Iran jika Iran menghentikan kegiatan nuklir sensitif -- sebaliknya tindakan hukuman jika Iran meneruskannya. Hari Rabu Rice mengatakan Amerika bersedia ikut bersama Inggris, Prancis dan Jerman melakukan pembicaraan dengan Teheran jika Teheran menghentikan proses memperkaya uranium dan kegiatan mengolah-ulang uranium. Dalam pada itu -- di Teheran Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki menolak kondisi untuk melakukan pembicaraan dengan menandaskan bahwa negaranya tidak akan melepaskan haknya untuk memperkaya uranium.

Sementara itu, berita terakhir melaporkan negara-negara besar telah menyepakati paket perangsang dan dan paket hukuman yang akan diajukan kepada Iran dalam upaya menyelesaikan pertikaian mengenai program nuklirnya yang kontroversial. Menteri luar negeri Inggris, Margaret Beckett mengumumkan kesepakatan itu selesai pembicaraan di Wina hari Kamis yang dihadiri Prancis, Inggris, Amerika, Rusia, Cina dan Jerman.

Beckett tidak merinci isi paket kecuali mengatakan akan memberi manfaat yang substantif kepada Iran. Ia mengatakan, paket itu kini diajukan kepada pihak Iran dan langkah selanjutnya akan diambil lewat Dewan Keamanan PBB jika Iran tidak setuju melakukan pembicaraan. Hari Rabu Amerika menawarkan diri bersedia ikut bersama Uni Eropa melakukan pembicaraan dengan Iran asalkan Iran mau menghentikan proses memperkaya uranium dan kegiatan mengolah-ulang uranium.

XS
SM
MD
LG