Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres AS: Pembunuhan Penduduk Sipil Irak Ditutup-Tutupi


Seorang anggota Kongres Amerika terkemuka mengatakan berita tentang pembunuhan warga Irak tak bersalah oleh pasukan marinir Amerika di Haditha bulan November yang lalu ditutup-tutupi. Berbicara di sebuah jaringan televisi Amerika, John Murtha – seorang Demokrat dari Pennsylvania—mengatakan insiden itu memperlemah upaya perang Amerika di Irak. Sebelumnya bulan ini, Murtha mengatakan sumber-sumber militer mengatakan kepadanya penyelidikan Pentagon mengenai kejadian di Haditha itu menunjukkan pasukan marinir Amerika mendobrak masuk ke rumah-rumah penduduk dekat tempat terjadinya ledakan bom jalan dan membunuh penduduk Irak.

Korps Marinir Amerika semula mengatakan bom itu dan tembak-menembak yang kemudian terjadi menewaskan seorang marinir dan beberapa penduduk Irak. Ketua Komisi Angkatan Bersenjata Senat Amerika, John Warner dari Republik, mengatakan ia akan mengadakan dengar pendapat mengenai insiden itu, tetapi mengatakan, penting bagi semua pihak agar jangan mengambil kesimpulan sebelum militer Amerika selesai dengan penyelidikan mereka.

Sementara dari Irak, pihak berwajib mengatakan orang-orang bersenjata membunuh seorang kepala suku terkemuka yang membantu pasukan Amerika memerangi pemberontak di perbatasan Suriah. Mereka mengatakan salah seorang pengawal Sheikh Osama Jedaan juga terbunuh dalam serangan di distrik Mansour Baghdad itu. Jedaan secara terbuka berjanji membantu pasukan Amerika di provinsi al Anbar, dimana anggota-anggota sukunya bergabung dengan pasukan yang memerangi pemberontakan.

Dalam kerusuhan lain di Baghdad, dua bom jalan menewaskan tiga orang dan mencederai 17 lainnya. Serangan-serangan itu terjadi sementara PM Nouri al Maliki mengadakan pembicaraan di belakang pintu tertutup dengan anggota anggota parlemen hari ini dalam usaha terbarunya untuk menunjuk mentri-mentri dalam negri dan pertahanan. Politisi-politisi Shiah dan Sunni belum dapat mencapai kata sepakat mengenai calon-calon untuk kursi keamanan yang penting itu.

XS
SM
MD
LG