Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Berusaha Menyelamatkan Diri Dari Kekerasan di Dili


Puluhan ribu penduduk Dili berusaha menyelamatkan diri ke gereja, kedutaan asing dan lapangan terbang, sambil kelompok-kelompok bersenjata di Timor Timur melancarkan penjarahan dan pengrusakan untuk hari kedua, kendati pasukan penjaga keamanan asing sudah beroperasi di negara itu. Satu minggu terakhir ini hampir 30 orang dilaporkan tewas dalam bentrokan antara pasukan pemerintah dan kelompok bersenjata.

Kelompok bersenjata itu membakar rumah, kantor dan mobil hari minggu dan menyerang lawan-lawan mereka dengan golok dan senjata lain. Asap tebal tampak mengepul dari beberapa kawasan kota. Pasukan penjaga keamanan dari Australia tampak mengadakan patroli di jalan-jalan dengan menggunakan kendaraan berlapis baja, tapi agaknya tidak berusaha menghentikan kegiatan kelompok bersenjata itu.

Kata komandan pasukan Australia di Timor Timur, pasukan keamanan itu nantinya akan melucuti semua kelompok yang bersengketa di Dili, termasuk pasukan pemerintah, polisi, bekas tentara dan kelompok-kelompok bersenjata. Kata Mari Alkatiri, Perdana Menteri Timor Timur, kekerasan yang terus meningkat itu adalah bagian dari usaha untuk menggulingkan pemerintah. Tapi dia tidak menjelaskan kelompok mana yang berusaha untuk melakukan kudeta itu.

XS
SM
MD
LG