Tautan-tautan Akses

Menhan Ivanov: Rusia Menentang Penggunaan Kekerasan Terhadap Iran


Rusia menentang penggunaan kekerasan dalam bentuk apapun atas Iran, kata menteri pertahanan Igor Ivanov hari minggu. Ini dikatakan oleh Ivanov di Teheran setelah bertemu dengan perunding nuklir Iran yang utama Ali Larijani. Ivanov tiba di Teheran untuk kunjungan dua hari guna membahas kontroversi soal program nuklir Iran, termasuk tawaran-tawaran bantuan yang diajukan kepada negara itu kalau Iran mau menghentikan program nuklirnya.

Kelima anggota tetap DK PBB, ditambah Jerman sedang merampungkan paket insentif yang akan ditawarkan kepada Iran untuk menghentikan proyek pengayaan uraniumnya. Tapi ke-enam negara itu juga mempertimbangkan tindakan kekerasan kalau Iran menolak insentif bantuan itu.

Harian New York Times melaporkan bahwa menteri LN Condoleezza Rice sedang membahas kemungkinan untuk mengadakan perundingan langsung dengan Iran. Amerika tidak mau bertemu langsung dengan Iran sejak tergulingnya rezim Shah Iran tahun 1979 dan disanderanya puluhan diplomat serta warga Amerika oleh kelompok Ayatollah Khomeini.

XS
SM
MD
LG