Tautan-tautan Akses

Senat AS Setujui RUU Reformasi Imigrasi, Memperkeras Pengamanan Perbatasan


Senat Amerika telah menyetujui RUU Reformasi Imigrasi yang akan memperkeras pengamanan di perbatasan dan memberi peluang kepada jutaan pendatang gelap di negeri ini untuk menjadi warganegara. Mayoritas 100 anggota Senat hari Kamis menyetujui RUU (Rancangan Undang-Undang) itu yang menggandingkan keamanan perbatasan, penegakan hukum dan program pekerja tamu.

Namun RUU itu masih perlu dipertemukan dengan RUU yang disetujui Dewan Perwakilan Desember lalu. RUU Dewan Perwakilan itu menekankan perlunya memperkuat keamanan perbatasan dan mencap sebagai tindak kejahatan siapa saja yang berada di Amerika Serikat secara gelap. Isu imigrasi ini sempat menyulut demonstrasi besar di seluruh Amerika.

Sementara itu secara terpisah, kepala Program Pangan Sedunia (WFP), James Morris menghimbau Kongres Amerika menjadikan anak-anak miskin di dunia prioritas utama dalam bantuan luar negeri Amerika. Berbicara di depan anggota Dewan Perwakilan Amerika, ia mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah Amerika – donor tunggal terbesar Program Pangan Sedunia. Khususnya, kata Morris, permintaan Presiden Bush kepada Kongres sebesar 225 juta dolar sebagai dana darurat untuk Sudan akan menolong memberi makan jutaan anak di Darfur.

Morris juga meminta anggota Dewan Perwakilan memberi perlakuan serupa kepada semua anak sebagaimana yang mereka berikan pada anak mereka sendiri. Menurut James Morris, 18 ribu anak tidak akan hidup sampai hari ini kalau mereka tidak mendapatkan cukup pangan. Ia menambahkan, untuk menjangkau sekitar 100 juta anak yang tidak mendapat sesuatu bantuan diperlukan sekitar lima miliar dolar setahun.

XS
SM
MD
LG