Tautan-tautan Akses

Usaha Membunuh Panglima Tertinggi Keamanan Palestina Digagalkan


Para pejabat keamanan Palestina mengatakan mereka telah menggagalkan usaha untuk membunuh panglima tertinggi keamanan yang setia kepada Presiden Mahmud Abbas, sehari setelah upaya pembunuhan lain terhadap salah seorang sekutunya. Para pejabat mengatakan, pasukan keamanan menemukan dan menjinakkan sebuah bom seberat 70 kilogram di samping rumah Rashid Abu Shbak, komandan tertinggi dinas keamanan Palestina.

Abu Shbak dipandang sebagai salah seorang tokoh yang paling berkuasa dalam gerakan Fatah Abbas, yang terlibat pertarungan kekuasaan yang keji dengan gerakan radikal Islam Hamas yang berkuasa. Upaya yang gagal itu sehari setelah kepala dinas intelijen Palestina Tareq Abu Rajab terluka parah dan pengawal pribadinya tewas oleh ledakan di markasbesar dinas intelijen itu di Gaza.

Sementara itu, para pejabat di kota Nablus, Tepi Barat, mengatakan seorang perempuan Palestina telah ditembak mati dalam sebuah serangan Israel di kamp pengungsi Balata. Para petugas medis mengutarakan, perempuan berumur 48 tahun itu tampaknya dihantam oleh sebutir peluru nyasar selama terjadinya tembak-menembak antara pasukan Israel dan sekawanan orang Palestina. Jurubicara militer Israel mengukuhkan terjadinya serangan itu seraya mengatakan bahwa pihak Palestinalah yang terlebih dahulu melepaskan tembakan, tetapi dia menyangkal bahwa pasukan Israel menembak balas.

Israel acapkali melakukan patroli di kota-kota dan desa-desa Palestina di Tepi Barat, dalam mencari tersangka militan. Saptu kemarin, pasukan Israel membunuh 4 warga Palestina dalam sebuah serangan udara di jalur Gaza yang menargetkan dan membunuh seorang militan utama Jihad Islam di dalam sebuah mobil. Para saksi mengungkapkan 2 perempuan dan seorang anak juga terbunuh dalam serangan udara itu.

XS
SM
MD
LG