Tautan-tautan Akses

Para Menteri Luar Negeri Uni Eropa Bertemu di Brussel


Para menteri luar negeri Uni Eropa bertemu hari ini di Brussel untuk mempersiapkan paket insentif yang mereka harap akan meyakinkan Iran untuk menghentikan program senjata nuklirnya yang dicurigai.

Paket tersebut diperkirakan akan mencakup janji untuk membantu Iran mengembangkan program nuklir sipil.

Hari Minggu kemarin, Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad mengatakan Teheran akan menolak tawaran apapun oleh Eropa yang menghendaki agar Iran menghentikan kegiatan nuklirnya.

Amerika Serikat kemarin menolak seruan untuk mengadakan perundingan langsung dengan Iran mengenai program nuklirnya, dengan mengatakan PBB adalah forum yang lebih disukai untuk melakukan pembicaraan mengenai masalah itu.

Berbicara di jaringan televisi CNN, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Stephen Hadley mengatakan Gedung Putih mendukung forum PBB seperti itu karena forum demikian memungkinkan lebih banyak negara ikut serta. Hari Jumat, Sekretaris Jendral PBB Kofi Annan mendesak pemerintahan Bush agar mengikuti negara-negara Eropa mengadakan perundingan langsung dengan Iran untuk mengatasi kemacetan yang terjadi sekarang ini.

XS
SM
MD
LG