Tautan-tautan Akses

Birma Kecam Keras AS Karena Menyambut Baik Suku Karen


Junta militer Birma mengecam Amerika Serikat karena menyisihkan undang-undang ke-imigrasiannya untuk memungkinkan para pengungsi suku Karen bermukim di Amerika Serikat.

Menteri Penerangan Birma Brigadir Jendral Kyaw Hsan mengatakan para pengungsi itu adalah anggota-anggota atau keluarga anggota-anggota Uni Nasional Karen – pemberontak yang sedang melawan pemerintah militer Birma. Ia mengatakan Washington seharusnya tidak memberikan status imigran kepada mereka.

Uni Nasional Karen menuduh militer Birma mengusir 11-ribu warga suku Karen dari rumah-rumah mereka dekat perbatasan Thailand dalam sebuah ofensif baru-baru ini. Menurut pemberontak militer Birma telah melepaskan tembakan-tembakan artileri dan membakar desa-desa Karen, menanam ranjau-ranjau darat, menjadikan penduduk Karen sasaran kerja-paksa, dan militer Birma juga melakukan pemerkosaan, penyiksaan dan pembunuhan.

Tapi jendral Birma itu mengatakan etnik Karen melarikan diri karena terjadi perebutan kekuasaan di dalam gerakan pemberontak Karen itu sendiri.

XS
SM
MD
LG