Tautan-tautan Akses

Bentrok Kapal Pasukan Sri Lanka dan Pemberontak Tamil, Sedikitnya 45 Tewas


Angkatan Laut Sri Lanka menerangkan, paling tidak 15 pelaut tewas dan lebih dari 30 pemberontak Harimau Tamil diduga tewas ketika pemberontak menenggelamkan satu kapal patroli Angkatan Laut dalam pertempuran laut di Sri Lanka Utara.

Kapal patroli itu termasuk bagian dari konvoi yang mengawal kapal yang mengangkut lebih dari 700 pasukan. Menurut keterangan, pemberontak menabrakkan satu kapal penuh bahan peledak ke kapal patroli Angkatan Laut itu. Setelah itu pemberontak menenggelamkan sedikitnya dua kapal Angkatan Laut lagi, dan militer Sri Lanka membalas dengan menenggelamkan tiga kapal pemberontak.

Tim Eropa pemantau gencatan senjata di Sri Lanka menjelaskan, salah seorang anggota mereka turut dalam pelayaran dengan pasukan Sri Lanka ketika serangan terjadi. Sebelumnya, Angkatan Laut Sri Lanka menerangkan, pesawat jet tempur Angkatan Udara menggempur wilayah pemberontak Tamil dekat kubu mereka di Kilinochchi, di bagian utara negeri itu.

Kekerasan itu terjadi sehari setelah utusan perdamaian Jepang untuk Sri Lanka, Yashushi Akashi mengatakan hubungan antara pemberontak dengan pemerintah Kolombo berada pada titik terburuk sejak gencatan senjata tahun 2002.

XS
SM
MD
LG