Tautan-tautan Akses

Negara Barat Akan Menunggu Sebelum Mendesak PBB Bertindak Terhadap Iran


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengatakan, negara-negara Barat akan menunggu beberapa pekan sebelum mendesak PBB bertindak terhadap Iran dan program nuklirnya yang dicurigai. Rice yang berbicara hari ini di televisi Amerika mengatakan, masa tenang itu akan memberi Eropa waktu untuk merancang paket insentif untuk membujuk Teheran mengakhiri program bahan bakar nuklirnya.

Sementara itu Presiden Bush mengatakan, sepucuk surat dari Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad tidak menjawab pertanyaan kunci mengenai kapan Teheran akan meninggalkan program nuklirnya. Hari Selasa, para pejabat Amerika menyebut surat itu usaha menit terakhir untuk memecah Dewan Keamanan PBB.

Kelima anggota tetap Dewan Keamanan sedang mempertimbangkan pengenaan sanksi terhadap Teheran karena menolak menghentikan aktivitas pengayaan uranium. Dalam perkembangan lain, majalah Time memuat sepucuk surat terpisah dari pejabat tinggi Iran lainnya yang menawarkan apa yang dilukiskan sebagai landasan bagi perundingan untuk mengatasi kebuntuan nuklir itu.

XS
SM
MD
LG