Tautan-tautan Akses

Bush: Diplomasi Pilihan Nomor Satu Dalam Berurusan Dengan Iran


Presiden Bush mengatakan ia beranggapan diplomasi adalah pilihan nomor satu dalam mengatasi program nuklir Iran, tetapi ia mengatakan Teheran harus memahami akibat dari tentangannya yang terus-menerus. Presiden Bush hari Selasa mengatakan bahwa Iran akan dikucilkan oleh komunitas internasional jika pihaknya tidak menghentikan aktivitas nuklirnya yang kontroversial itu.

Selasa pagi, juru-runding nuklir yang tertinggi di Iran, Ali Larijani, mengatakan masih ada waktu untuk mencapai penyelesaian diplomatik atas isu tersebut. Larijani, sewaktu dalam kunjungan ke Yunani mengatakan bahwa proposal Rusia untuk memperkaya uranium bagi Iran masih bisa menjadi basis kesepakatan.

Sementara itu, para menteri dari kelima anggota-tetap Dewan keamanan PBB dan Jerman melangsungkan pembicaraan mengenai kemungkinan resolusi dewan yang bisa memberlakukan sanksi terhadap Iran. Sementara Cina dan Rusia mengatakan mereka akan memveto sanksi, Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengatakan semuanya sependapat bahwa Iran tidak bisa memiliki senjata nuklir dan harus kembali ke meja perundingan.

XS
SM
MD
LG