Tautan-tautan Akses

Presiden Ahmadinejad Menunggu Jawaban dari Presiden Bush


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan ia menunggu jawaban atas surat setebal 18 halaman yang dikirimnya kepada presiden Bush hari Senin. Tetapi para pejabat Amerika telah menepiskan surat tersebut. Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice memberitahu Associated Press surat tersebut tidak memberi peluang untuk membahas program nuklir Iran.

Dalam surat itu, yang diperoleh VOA, presiden Iran mengatakan liberalisme dan demokrasi gagal sebagai konsep. Ia mengkiritik Washington atas invasinya di Irak, yang menurut dia telah membuat Irak terdorong kebelakang sampai sekitar 50 tahun. Presiden Iran itu juga mengulangi kecemannya terhadap Israel dan mengatakan pembantaian orang Yahudi oleh NAZI Jerman tidak membenarkan pembentukan negara itu. Ia mengatakan pembentukan negara Israel menimbulkan jutaan pengungsi dan bahwa negara Yahudi itu telah memenjarakan ribuan orang Palestina. Dalam satu-satunya referensi mengenai program nuklir Iran, Ahmadinejad bertanya mengapa terobosan ilmiah di Timur Tengah, biarpun yang bisa digunakan untuk tujuan militer – dianggap ancaman.

Sementara itu, para diplomat di PBB mengatakan Inggris, Prancis dan Jerman akan menawarkan kepada Iran berbagai insentif bersama-sama dengan kemungkinan sanksi supaya membatalkan program nuklirnya. Para diplomat itu hari Selasa mengatakan ketiga negara Eropa, yang telah melangsungkan pembicaraan gagal dengan Iran pada masa lampau, akan menyiapkan sebuah paket selambat-lambatnya pekan depan.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice hari Selasa mengatakan Amerika sejak lama mendukung upaya-upaya Rusia dan Uni Eropa untuk memberi peluang bagi Iran memenuhi keinginannya membuat program nuklir sipil. Rice dan para menteri anggota-anggota-tetap Dewan Keamanan lainnya—bersama Jerman bertemu di New York hari Selasa mengenai sebuah resolusi yang mengancam Iran dengan berbagai sanksi. Sementara Cina dan Rusia mengatakan mereka akan memveto sanksi, Rice mengemukakan semuanya sependapat bahwa Iran tidak bisa mempunyai senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG