Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Mengirim Solusi Baru Mengatasi Ketegangan Teheran dan Washington


Pemerintah Iran mengatakan, Presiden Mahmud Ahmadinejad telah mengirim ke Presiden Bush satu proposal bagi “solusi baru” untuk mengatasi ketegangan antara Teheran dan Washington.

Seorang jurubicara di Teheran yang mengumumkan pesan Ahmadinejad hari ini, Senin tidak secara khusus menyebut sengketa internasional mengenai program nuklir Iran.

Jurubicara itu mengatakan, pemimpin Iran itu mengusulkan yang dia sebut “cara-cara baru untuk keluar dari situasi dunia yang rawan sekarang ini,” tetapi tidak menjelaskan lebih jauh.

Teheran mengatakan, Ahmadinejad menyampaikan usul itu dalam bentuk surat kepada Presiden Bush yang dikirim melalui Kedutaan Swiss di Teheran yang mewakili kepentingan Amerika di Iran.

Pesan itu diduga merupakan yang pertama ditulis seorang presiden Iran ke Gedung Putih dalam masa lebih dari seperempat abad. Kedua negara memutuskan hubungan diplomatik setelah kaum miloitan Iran mengambilalih Kedutaan Amerika di Teheran tahun 1979 dan menyandera lebih dari 50 warga Amerika selama lebih dari satu tahun.

XS
SM
MD
LG