Tautan-tautan Akses

Pete Hoekstra Menentang Pencalonan Michael Hayden Sebagai Kepala CIA


Ketua Komisi Intelijen DPR Amerika mengatakan dia akan menentang pencalonan Jendral Angkatan Udara Michael Hayden sebagai kepala Badan Intelijen Amerika, C-I-A.

Anggota DPR Pete Hoekstra – anggota partai Presiden Bush, Partai Republik, berbicara di televisi Fox hari Minggu setelah sumber-sumber pemerintah yang tidak disebut namanya mengatakan Presiden Bush kemungkinan mencalonkan Jendral Hayden untuk posisi itu. Laporan-laporan mengatakan pencalonan itu bisa disampaikan sedini Senin ini.

Hoekstra mengatakan seorang pejabat militer seharusnya tidak mengepalai C-I-A sebab badan itu merupakan badan sipil. Dia mengatakan penunjukan Jendral Hayden dapat meningkatkan ketegangan antara C-I-A dan para pejabat pertahanan. Keprihatinan itu juga disampaikan oleh Senator Saxby Chambliss dari Partai Republik dan Senator Diane Feinstein dari Partai Demokrat. Senator Partai Republik John McCain mengatakan kepada televisi CBS tidak patut mengomentari nominasi Hayden sebelum adanya pencalonan resmi dan diadakan dengar pendapat.

Jendral Hayden akan menggantikan Porter Goss yang mengumumkan pengunduran dirinya Jumat lalu. Jendral itu adalah mantan direktur Badan Keamanan Nasional dan saat ini menjabat sebagai deputi direktur intelijen nasional.

XS
SM
MD
LG