Tautan-tautan Akses

Komisi PBB Bahas Perlakuan AS Terhadap Tahanan di Luar Negeri


Komite PBB tentang penyiksaan sedang membahas perlakuan Amerika atas para tahanan di luar negeri. Ini adalah sidang dengar pendapat yang pertama sejak Amerika melancarkan apa yang disebutnya perang melawan teror.

Pembantu menteri LN Amerika urusan hak asasi, Barry Lowenkron mengatakan pada komisi di Jenewa itu, bahwa Amerika menentang semua penyiksaan, tidak peduli dimana hal itu terjadi. Tapi para pejabat lain mengatakan, kendati adanya beberapa kasus penyiksaan yang terpisah, cara itu bukanlah cara yang biasa dilakukan Amerika,

Sidang dengar pendapat itu akan dilanjutkan hari Senin, untuk mendengarkan penjelasan Amerika tentang apa yang ditafsirkannya sebagai penyiksaan, tentang kebijaksanaan penahanan tersangka, dan tentang adanya penjara-penjara rahasia di luar Amerika.

Sidang dengar pendapat itu diadakan hanya beberapa hari setelah parlemen Eropa mulai menyelidiki tuduhan bahwa dinas intelijen Amerika CIA telah menerbangkan tersangka kegiatan teroris lewat beberapa negara Eropa tanpa memberi tahu negara yang bersangkutan. Kelompok-kelompok hak asasi mengatakan, sejumlah tahanan dibawa ke penjara-penjara rahasia di Eropa Timur, dimana mereka disiksa.

XS
SM
MD
LG