Tautan-tautan Akses

Faksi Pemberontak Masih Belum Sepakati Rancangan Perjanjian Perdamaian Darfur


Faksi-faksi pemberontak dalam Perundingan Perdamaian Darfur mengatakan mereka masih belum dapat menerima pasal-pasal yang diusulkan dalam rancangan perdamaian dengan pemerintah Sudan meskipun para penengah berusaha keras memenuhi tuntutan mereka.

Hanya tinggal beberapa jam lagi menjelang batas waktu Kamis tengah malam untuk mencapai perjanjian, dan perundingan masih berjalan terus di Abuja, Nigeria. Seorang perunding dari pihak pemberontak mengatakan, usul yang ada sekarang tidak dapat diterima faksi-faksi dan mereka siap menarik diri dari perundingan.

Tim penengah dari Amerika telah mengambil peranan penting dalam beberapa hari terakhir setelah pemerintah menerima, tetapi pemberontak menolak rancangan perjanjian hari Minggu. Sejak itu penengah berusaha merundingkan pasal-pasal baru yang menanggapi tuntutan pemberontak agar diberi kekuasaan politik yang lebih besar maupun juga rincian tentang perlucutan senjata milisi Arab di Darfur dan memperbanyak pemberontak yang dilebur ke dalam militer Sudan.

XS
SM
MD
LG