Tautan-tautan Akses

AS, Inggris Desak Agar Rancangan Perjanjian Damai Darfur Segera Disetujui


Amerika dan Inggris mendesak pemerintah Sudan dan pemberontak Darfur supaya menyetujui rancangan perjanjian damai untuk mengakhiri perang yang sudah lebih tiga tahun itu. Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Robert Zoellick dan Menteri Inggris Urusan Pembangunan Intermasional Hilary Benn melangsungkan pertemuan silih-berganti hari Selasa dengan kedua pihak di Abuja, Nigeria. Zoellick mengatakan pembicaraan akan dilanjutkan hari Rabu, melampaui batas waktu hari Selasa untuk mencapai kesepakatan. Batas waktu itu sudah diperpanjang oleh para juru-runding Uni Afrika.

Jurubicara Gedung Putih mengatakan Presiden Bush menelpon Presiden Sudan Omar al-Beshir hari Senin dan mendesak pemerintahnya supaya menggandakan upaya menengahi kesepakatan damai dengan pemberontak. Pihak pemberontak menghendaki berbagi-wewenang, berbagi-kekayaan dan jaminan keamanan dalam perjanjian yang ditengahi oleh Uni Afrika.

Pemerintah Sudan bersedia menanda-tangani rancangan kesepakatan itu dalam bentuknya yang sekarang. Batas waktu semula untuk mencapai kesepakatan itu sudah diperpanjang 48 jam hingga Selasa tengah malam, tetapi para pejabat uni Afrika mengatakan kemungkinan akan ada perpanjangan lagi jika pembicaraan membuat kemajuan.

XS
SM
MD
LG