Tautan-tautan Akses

Menlu Rice Tuduh Iran Main-Main Dalam Sengketa Nuklir


Mentri LN Amerika Condoleezza Rice menuduh Iran main-main dalam sengketa internasional mengenai program nuklirnya. Rice berbicara hari Ahad di televisi Amerika, sehari setelah Teheran mengatakan badan nuklir PBB dapat melakukan pemeriksaan di bagian-bagian yang diinginkannya di fasilitas pengayaan uranium Iran – hanya setelah ancaman sanksi PBB dicabut.

Ia mengatakan jika Iran tidak main-main, maka ia akan menghentikan pengayaan uranium seperti diperintahkan oleh Dewan Keamanan PBB. Ia juga mendesak Iran agar tidak melakukan pelanggaran dan menjawab keprihatinan internasional mengenai program nuklirnya.

Tetapi dalam sebuah pidato hari ini di Teheran, perunding nuklir tertinggi Iran Ali Larijani mengatakan negaranya tidak akan menerima apa yang ia sebut resolusi PBB yang dipaksakan. Ia mengulangi lagi rencana Iran untuk menguasai teknologi nuklir yang peka untuk tujuan damai. Sementara jurubicara Departemen LN Iran, Hamid Reza Asefi mengatakan Iran ingin menyelesaikan kemacetan dalam masalah program nuklinya itu melalui perundingan. Tetapi ia mengatakan tuntutan Barat agar Teheran menghentikan pengayaan uraniumnya tidak lagi dalam agenda Iran.

Di Pakistan, wakil Mentri Perminyakan Iran tidak menganggap penting ancaman sanksi Dewan Keamanan yang diusahakan oleh Amerika Serikat terhadap Teheran. Pejabat itu, Mohammad Hadi Nejad Hosseinian mengatakan kepada pers bahwa sanksi itu akan meningkatkan harga minyak yang sudah mencapai rekor itu menjadi semakin tinggi lagi.

XS
SM
MD
LG