Tautan-tautan Akses

Rakyat Ukraina Mengenang 20 Tahun Bencana Chernobyl


Ukraina secara resmi memperingati bencana nuklir Chernobyl tepat 20 tahun lalu, pada hari Rabu ini. Rakyat Ukraina bermaksud membunyikan lonceng gereja, dan mengheningkan cipta di luar fasilitas nuklir yang sudah dikosongkan itu dan juga di kota-kota lain di seluruh pelosok negara itu.

Pihak oposisi di Belarus yang bertetangga menyerukan aksi protes hari ini, dengan menuduh pemerintah Belarus bergerak terlalu lamban untuk membersihkan daerah-daerah terkena dampaknya. Radioaktif dari Chernobyl menyebar ke sebagaian besar daerah Belarus, Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberi penghargaan kepada para pekerja yang membersihkan bencana nuklir Chernobyl.

Presiden Bush mengemukakan pernyataan hari Selasa dengan ucapan turut berduka kepada mereka yang mengalami kesulitan besar setelah kecelakaan itu. Ia mengatakan bahwa dengan ditutupnya Chernobyl lebih lima tahun lalu, Ukraina yang bebas menyingkirkan ancaman lingkungan hidup yang dibangun oleh pemerintah opresif ketika itu, yakni Uni Soviet.

XS
SM
MD
LG