Tautan-tautan Akses

Lebih 100 Ribu Demonstran Bentrok Dengan Polisi di Kathmandu


Hari Sabtu lebih dari 100 ribu demonstran tidak mempedulikan larangan keluar rumah dan bentrok dengan polisi di ibukota Nepal, Kathmandu, dalam upaya mereka membawa protes mereka ke Istana Raja Gyanendra.

Para pejabat mengatakan, paling kurang 100 orang luka-luka, dan peristiwa itu terjadi sehari setelah Raja mencoba meredakan krisis politik di kerajaan di pegunungan Himalaya itu dengan mengusulkan pemulihan pemerintahan multi partai. Namun aliansi tujuh partai politik di negeri itu menolak usul Raja tersebut.

Para pemuka politik yang beroposisi itu mengatakan mereka ingin memilih majelis untuk menyusun rancangan konstitusi baru yang akan membuat raja hanya sebagai pemimpin seremonial atau menghapus sepenuhnya sistem kerajaan.

Pihak oposisi melancarkan mogok nasional tanggal 6 bulan ini dan ratusan ribu orang menanggapi seruan untuk memperhebat pemogokan itu. Paling tidak 13 orang telah tewas dan puluhan lagi luka-luka dalam bentrok dengan polisi, dan ratusan lainnya ditangkap sejak aksi protes terjadi.

XS
SM
MD
LG