Tautan-tautan Akses

Presiden Cina Memulai Lawatan Empat Hari di Amerika


Presiden Cina Hu Jintao sudah tiba di Amerika untuk pembicaraan dengan Presiden Bush dan para tokoh bisnis. Persinggahan pertama Presiden Hu dalam lawatan empat hari ini adalah di negara-bagian Washington, di mana ia bertemu dengan Bill Gates, presiden direktur piranti lunak raksasa Microsoft dan meninjau ke pabrik pesawat terbang komersial Beoing sebelum bertolak ke ibukota Amerika pekan ini juga.

Banyak toko di pecinan Seattle memasang bendera Cina dan Amerika untuk menyambut Presiden Hu, tetapi juga ada demonstrasi oleh para anggota Falun Gong, kelompok rohani yang secara resmi ditindak di Cina. Presiden Cina itu akan bertemu dengan Presiden Bush di Gedung Putih hari Kamis. Para pejabat mengatakan kedua pemimpin akan membahas berbagai isu, termasuk tuntutan Amerika agar Cina mereformasi mata uangnya dan surplus perdagangan Cina sebesar 200 milyar dolar dengan Amerika.

Hu dalam lawatannya ini disertai oleh isternya Liu Yongqing, Penasehat Nasional Tang Jiaxuan dan Menteri Luar Negeri Li Xhaoxing. Juga dalam rombongan termasuk Menteri Perdagangan Bo Xilai dan Ma Kai, menteri yang menbawahi Komisi Reformasi dan Pembangunan Negara.

XS
SM
MD
LG