Tautan-tautan Akses

Tujuh Warga Sipil Afghanistan Tewas Dalam Pertempuran Antara Militan dan Koalisi


Pasukan Amerika di Afghanistan mengatakan tujuh penduduk sipil tewas dan tiga cedera dalam tembak-menembak antara pasukan koalisi dan pemberontak di provinsi Kunar di timur. Sebuah pernyataan militer mengatakan pertempuran itu pecah Sabtu malam di daerah dimana pasukan koalisi dan Afghanistan mulai melancarkan “Operasi Singa Gunung” terhadap kaum militan. Penyelidikan sedang dilakukan terhadap tewasnya penduduk sipil itu.

Dalam aksi kekerasan lain, kaum militan Taleban menyerang sekurang-kurangnya dua pos penjagaan polisi di Afghanistan selatan semalam. Kedua belah pihak memberikan keterangan berbeda mengenai korban. Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan 14 anggota Taleban tewas dan tidak ada korban di pihak polisi. Orang yang mengaku sebagai jurubicara Taleban mengatakan sekurang-kurangnya tujuh polisi dan dua anggota Taleban tewas.

Sebelumnya itu diberitakan, pasukan keamanan Afghanistan dan koalisi terus menyisir satu kawasan di barat daya kota Kandahar, mengejar pemberontak yang lolos dari pertempuran yang menewaskan 41 gerilyawan Taliban dan 6 anggota polisi hari Jumat. Seorang juru bicara militer Amerika mengatakan, pasukan koalisi pimpinan Amerika termasuk helikopter-tempur memberi dukungan kepada pasukan Afghanistan dalam operasi itu. Pasukan Afghanistan dan koalisi sedang menggempur posisi-posisi pemberontak dalam gerakan yang disebut Operasi Singa Gunung. Operasi itu kabarnya adalah yang terbesar pernah dilakukan sejak koalisi pimpinan Amerika menggulingkan Taliban tahun 2001. Dalam insiden terpisah, penghadangan Taliban hari Sabtu menewaskan seorang kepala distrik di Provinsi Helmand, sebelah barat Kandahar.

XS
SM
MD
LG