Tautan-tautan Akses

Saddam Hussein dan 7 Terdakwa Lainnya Kembali Disidangkan


Mantan pemimpin Iraq Saddam Hussein dan 7 terdakwa lainnya kembali disidangkan hari ini untuk menghadapi dakwaan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Sidang dibuka dengan tuduhan pengacara Saddam, Khailil Dulaimi bahwa hakim ketua Rauf Abdul Rahman berpihak dan menuntut pengunduran dirinya. Hakim itu serta-merta menolak permintaan itu.

Saddam beserta tujuh terdakwa lainnya diadili sehubungan dengan pembunuhan tahun 1982 atas lebih dari 140 warga syiah di desa Dujail, Iraq. Mereka diancam dengan hukuman gantung jika didapati bersalah melakukan pembunuhan.

Para pejabat di Iraq mengatakan, pertempuran sengit berkobar pagi ini di Bagdad Utara antara pemberontak dan tentara Iraq.

Menurut para pejabat militer, pertempuran itu terpusat di permukiman Azamiyah yang umumnya berpenduduk Sunni, yang dipandang sebagai wilayah basis pemberontak. Penduduk dan para pejabat rumahsakit mengatakan jatuh korban, tetapi belum jelas berapa banyak.

Di front politik, sidang badan legislatif Iraq yang lama ditunggu-tunggu yang dijadwalkan hari ini telah diundur karena kebuntuan yang berlanjut mengenai siapa yang akan memimpin pemerintahan.

XS
SM
MD
LG