Tautan-tautan Akses

ElBaradei: Iran Harus Menerima Permintaan Menghentikan Program Nuklirnya


Pimpinan Badan Tenaga Atom PBB Mohammad ElBaradei mengatakan sudah waktunya bagi Iran untuk menerima permintaan masyarakat internasional agar menghentikan program nuklirnya. ElBaradei mengatakan demikian di Teheran sementara ia bersiap-siap untuk menghadiri pertemuan hari ini mengenai program nuklir Iran.

Hari Selasa Iran mengumumkan bahwa negara itu telah mengolah uranium hingga mencapai kekuatan tenaga nuklir.

ElBaradei mengatakan waktunya sudah tepat untuk penyelesaian politik melalui perundingan. Ia mengatakan ia berharap Iran akan menghentikan pengolahan uranium sampai apa yang disebutnya masalah yang masih ada diselesaikan.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan hari Rabu Perserikatan Bangsa-bangsa harus mengambil langkah yang kuat mengenai Iran.

Sementara itu, dutabesar Rusia di PBB, Andrey Denisov, bersikap skeptis mengenai kebenaran klaim uranium Iran tadi. Oleh karena itu, ia meragukan kewajaran tindakan hukuman terhadap Iran.

Dewan Keamanan tidak berencana mengambil tindakan apapun sampai Dewan itu mendengarkan laporan ElBaradei tanggal 28 April – batas waktu Dewan keamanan bagi Iran untuk menghentikan semua kegiatan nuklir.

XS
SM
MD
LG