Tautan-tautan Akses

Utusan ASEAN Tidak Setuju Pengisolasian Birma


Mentri Luar Negri Malaysia dan utusan khusus ASEAN Syed Hamid Albar mengatakan mengisolasi Birma tidak akan membantu rakyat Birma. Syed Hamid mengatakan pengisolasian seperti itu akan lebih banyak merugikan rakyat Birma daripada para penguasa militer negara itu. Syed Hamid, yang baru-baru ini mengunjungi Birma, mengatakan ia tidak melihat ada perubahan politik penting ketika ia di sana. Pemerintah militer Birma menghalanginya untuk bertemu dengan pemimpin oposisi dalam tahanan Aung San Suu Kyi.

Utusan ASEAN itu berbicarara sebelum pertemuan ASEAN akhir bulan ini. Beberapa anggota kelompok regional itu menyarankan peng-isolasi-an Birma sebagai cara meningkatkan tekanan terhadap negara itu agar melaksanakan pembaharuan demokrasi.

Sementara itu dalam insiden di ibukota Birma, Rangoon, pejabat-pejabat Birma mengatakan alat yang mencurigakan yang ditemukan Kamis malam di sebuah sekolah internasional adalah bagian dari perbuatan main-main yang dilakukan oleh para pelajar. Mereka mengatakan dua pelajar di Sekolah Internasional di Rangoon itu meninggalkan barang itu di sebuah kamar kecil sekolah sebagai lelucon. Para pejabat menutup sekolah itu hari Jumat setelah menemukan alat tersebut, khawatir barang itu adalah bahan peledak. Yang menjadi pelajar di sekolah itu adalah anak-anak diplomat Amerika dan orang asing lainnya. Hari Jumat, para pejabat yang bekerja di Kedutaan Besar Amerika di Rangoon mengatakan kepada VOA barang tersebut telah ditentukan adalah sebuah alat peledak dan sudah dijinakkan.

XS
SM
MD
LG