Tautan-tautan Akses

9 Warga Indonesian Disandera dekat Perairan Somalia


Hari ini Indonesia telah mengkonfirmasi peristiwa penyanderaan sembilan WNI dekat perairan utara Somalia, sebuah negara di Afrika yang sedang kacau. Kesembilan WNI itu bekerja disebuah kapal nelayan milik perusahaan Korea.

Juru bicara Deplu Desra Percaya mengatakan diplomat Indonesia telah di kirim kewilayah sekitar perairan Somalia untuk melakukan investigasi bersama dengan perwakilan sejumlah negara, yang diketahui terdapat pula pelaut asal Korea, Cina dan Viatnam. Mengutip Desra Percaya:

β€œ Saat ini kapal ada di Obia, sementara awak kapal disandera sekitar 200 km, sebelah utara perairan Somalia, kapalnya Dong Won.”

Deplu telah memerintahkan KBRI Seoul untuk melengkapi identitas ke 9 warga Indonesia yang bekerja dikapal sebuah perusahaan Korea itu. Jubir Deplu Desra Percaya mengatakan:

β€œdan tentu saja kita minta pertanggung jawaban perusahaan Dong Won, atas keselamatan hak-hak ABKnya, nama dan identitas yang pasti ke perusahaan dan keluarga di Jakarta.”

Sekitar 4 April lalu menurut Deplu kapal nelayan milik perusahaan Korea itu terombang-ambing dilaut lepas 200 km sebelah utara perairan Somalia. Sejak itu kapal diketemukan dalam keadaan kosong dan 9 ABK Indonesia dipastikan telah disandera bersama sekitar sejumlah ABK asal Viatnam, China dan Korea.

XS
SM
MD
LG