Tautan-tautan Akses

Menlu Jepang: Anggaran Militer Cina Ancam Stabilitas Kawasan


Menteri Luar Negri Jepang mengatakan peningkatan dengan cepat anggaran militer Cina telah menimbulkan perasaan terancam di seluruh kawasan itu. Menteri LN Taro Aso mengatakan kepada media setempat hari Ahad, kurang adanya transparansi Cina dalam masalah anggaran belanja ini mencemaskan.

Departemen Pertahanan Jepang menganggap ekspansi militer Beijing yang semakin meningkat menjadi keprihatinan kawasan yang utama. Komentar Menteri LN Aso itu kemungkinan akan menguji hubungan yang sudah tegang antara Tokyo dan Beijing. Cina menentang kunjungan PM Junichiro Koizumi yang berulang-ulang ke pagoda peringatan perang yang kontroversial.

Kedua negara juga berselisih mengenai hak cadangan gas di Laut Cina Selatan. Cina sekarang sedang memrotes usul perubahan buku teks Jepang agar mencerminkan tuntutan Tokyo atas kepulauan di Laut Jepang. Presiden Cina Hu Jintao pekan lalu menawarkan pertemuan dengan Koizumi jika ia berhenti melakukan kunjungan ke pagoda Yasukuni, sebagai penghormatan kepada para korban perang Jepang, termasuk para penjahat perang yang telah dijatuhi hukuman.

XS
SM
MD
LG