Tautan-tautan Akses

Condoleezza Rice dan Jack Straw Lakukan Lawatan Kejutan ke Irak


Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice dan Menteri luar negeri Inggris Jack Straw telah melakukan lawatan kejutan ke ibukota Irak, Baghdad, guna mendesak para pemimpin Irak untuk membentuk pemerintahan baru. Keduanya terbang secara rahasia dari Inggris hari ini, Minggu, dengan penjagaan ketat, dalam upaya bersama mendorong agar diadakan perundingan politik yang telah berlarut-larut selama lebih dari tiga bulan setelah pemilu legislatif.

Rice mengatakan kepada para wartawan yang terbang bersamanya bahwa saatnya telah tiba untuk bernegosiasi guna menghasilkan pemerintah persatuan nasional. Menlu Straw dan Menlu Rice bertemu dengan Perdana Menteri Ibrahim al-Jaafari dan Presiden Jalal Talabani.

Para pemimpin Syiah, Arab Sunni dan Kurdi telah menemui jalan buntu tentang apakah Jaafari harus melanjutkan jabatan perdana menteri yang ia duduki sekarang. Hari Sabtu, para pemuka Syiah menyerukan di depan umum agar Perdana Menteri itu mundur dari pencalonan diri untuk masa bakti kedua kalinya. Para pejabat Amerika dan Irak mengatakan, pemerintah persatuan nasional akan merupakan langkah besar dalam memulihkan ketertiban dan meredakan tindak kekerasan antara golongan.

XS
SM
MD
LG