Tautan-tautan Akses

Bush: Keamanan Perbatasan Jangan Hambat Perdagangan AS, Kanada dan Meksiko


Kata Presiden Bush, masalah keamanan di perbatasan jangan sampai menghambat perdagangan antara Amerika, Kanada dan Meksiko. Ini dikatakan oleh Presiden Bush pada akhir pertemuan puncaknya dengan PM Kanada Stephen Harper dan Presiden Vicente Fox di Cancun, Meksiko. Ketiga kepala negara itu membahas masalah keamanan di perbatasan negara masing-masing, imigrasi dan perdagangan.

Presiden Bush dan PM Harper sepakat masih dibutuhkan banyak perundingan untuk menyelesaikan sengketa tentang tarip yang dikenakan Amerika atas impor kayu dari Kanada. Para pejabat perjanjian perdagangan bebas Amerika utara atau NAFTA mengatakan tarip yang dikenakan Amerika itu tidak sah.

Kemarin, Presiden Bush dan Presiden Meksiko Vicente Fox membahas masalah immigrasi antara kedua negara. Kata Presiden Fox, dia akan berusaha menciptakan lebih banyak lapangan kerja bagi warga Meksiko supaya mereka tidak perlu pindah ke Amerika. Kongres Amerika sedang membahas rancangan undang-undang immigrasi yang baru.

Sementara itu, Presiden Bush juga menawarkan bantuan Amerika bagi Iran yang dilanda tiga gempa bumi, yang menewaskan sedikitnya 66 orang hari Kamis. Kira-kira seribu orang lainnya luka-luka. Tapi, Presiden Bush juga mengatakan dunia menolak apa yang disebutnya sebagai keinginan Iran untuk memiliki senjata nuklir. Iran, kata Presiden Bush akan menjadi ancaman keamanan yang serius bagi dunia, kalau negeri itu mempunyai senjata nuklir. Iran berulang kali mengatakan, program nuklirnya hanyalah untuk maksud-maksud damai saja.

XS
SM
MD
LG