Tautan-tautan Akses

Partai Kadima Mulai Pembicaraan Dengan Mitra Koalisi di Israel


Partai Kadima Israel telah memulai pembicaraan dengan bakal mitra-mitra koalisi mereka hanya beberapa jam setelah menyatakan menang dalam pemilu parlemen. Dengan meraih 28 dari 120 kursi di arlemen Israel, Kadima memenangkan pluralitas, tetapi para pejabat partai mengatakan mereka sedang meloihat ke Partai Buruh dan salahsatu partai agama kecil untuk membentuk koalisi besar.

Berbicara setelah hasil-hasil tidak resmi dumumkan, pemimpin Kadima, Penjabat Perdana Menteri Ehud Olmert mengatakan, jika perjanjian perdamaian dengan pemerintah Palestina yang dipimpin Hamas tidak mungkin, Israel akan bertindak sendiri menetapkan perbatasannya. Olmert sudah mengatakan partai-partai koalisi harus menyetujui rancangannya untuk menarik diri secara unilateral dari Tepi Barat.

Di Washington hari ini, Presiden Bush menelpon Olmert untuk menyampaikan ucapan selamat. Tetapi Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyeh dari kelompok Hamas yang baru dilantik memperingatkan mengenai siklus baru kekerasan jika Israel tidak mengakui hak-hak rakyat Palestina.

XS
SM
MD
LG