Tautan-tautan Akses

Moussaoui Akui Sedianya Akan Bajak Pesawat Untuk Tabrak Gedung Putih


Anggota Al Qaida Zacarias Moussaoui mengatakan dia dan Richard Reid, pelaku pemboman dengan sepatu, sedianya akan membajak pesawat dan menabrakkannya ke Gedung Putih sebagai bagian dari rencana teroris 11 September 2001. Moussaoui memberikan kesaksian dalam pengadilan yang kemungkinan akan menjatuhkan hukuman mati pada dirinya hari ini, meskipun para pengacaranya keberatan dengan hal itu.

Dia mengatakan, dia juga mengetahui bahwa World Trade Center akan diserang namun dia bukanlah bagian dari komplotan itu dan tidak tahu menahu mengenai rinciannya. Pria berusia 34 tahun itu mengatakan, dia berbohong kepada para penyelidiknya saat dia ditangkap bulan Agustus 2001 lalu, sehingga serangan teroris 11 September bisa berjalan sesuai rencana.

Pengakuan ini tampaknya bertolak belakang dengan keterangan Moussaoui sebelumnya bahwa dia bukanlah bagian dari rencana serangan 11 September. Pengakuan Moissaoui ini dianggap penting dalam upaya pemerintah untuk mencoba membuktikan bahwa dia menyembunyikan informasi yang bisa mencegah serangan itu, paling tidak bisa menyelamatkan sejumlah besar nyawa manusia.

Jika para penuntut bisa meyakinkan para juri bahwa kebohongan Moussaoui ini memungkinkan terjadinya serangan, dia akan dijatuhi hukuman mati. Kalau tidak, dia akan dihukum seumur hidup.

XS
SM
MD
LG