Tautan-tautan Akses

Polisi Pakistan Menahan 57 Militan Anggota Suku Dekat Baluchistan


Pemerintah Pakistan mengatakan pihak kepolisian telah menahan 57 orang militan anggota kesukuan yang dicurigai terlibat dalam serangan terhadap tentara dan instalasi-instalasi pemerintah di Provinsi Baluchistan, Pakitan barat daya. Pihak berwajib mengatakan penahanan itu dilakukan dalam serbuan malam hari terhadap beberapa tempat persembunyian militan suku Marri yang memberontak di dekat Quetta, ibukota Baluchistan.

Baluchistan yang jarang penduduknya telah menjadi ajang serangan bom dan roket yang sering terjadi dalam tahun-tahun terakhir ini. Pemerintah biasanya menuduh suku Baluch sebagai pelaku tindak kekerasan karena mereka menuntut otonomi yang lebih besar dan manfaat yang lebih besar dari sumber-sumber alam propinsi itu.

Dalam perkembangan yang tidak ada kaitannya, massa warga Pakistan yang marah menyerang kantor Konsulat Afghanistan di Quetta. Mereka memprotes pembunuhan 16 orang baru-baru ini yang dilakukan oleh Pasukan Keamanan Afghanistan di kawasan perbatasan Afghanistan-Pakistan. Seraya meneriakkan ucapan-ucapan anti Presiden Hamid Karzai, para pemrotes melempari Konsulat itu dengan batu dan menuntut agar mereka yang terlibat dalam pembunuhan itu dihukum.

XS
SM
MD
LG