Tautan-tautan Akses

Utusan ASEAN, Hamid Albar Lakukan Kunjungan ke Birma


Para diplomat regional mengatakan, Menteri Luar Negeri Malaysia Hamid Albar akan berangkat ke Birma hari Kamis bagi kunjungan yang sudah lama dinantikan untuk mengecek reformasi demokratis di negara itu. Sumber-sumber ASEAN mengatakan, Hamid akan tiba di Birma hari Kamis dan pulang hari Jumat. Para pejabat Malaysia dan pemerintah militer Birma tidak mengatakan apapun mengenai perjalanan itu, meskipun Hamid mengatakan hari Selasa, dia berharap dapat berangkat pekan ini.

ASEAN tahun lalu menunjuk Hamid sebagai utusan khusus untuk berangkat ke Birma. Para pejabat di Birma semula menyetujui kunjungan itu dan menetapkan tanggal bulan Januari, tetapi kemudian ditangguhkan oleh Rangoon. Belum ada indikasi dari Birma apakah Hamid akan diizinkan bertemu dengan aktivis pro-demokrasi Aung San Suu Kyi yang ditahan. Birma sedang ditekan internasional untuk melaksanakan reformasi demokratis.

Sementara itu, sekelompok anggota parlemen Asia Tenggara meminta Menlu Hamid Albar agar mengungkit isu kekerasan terhadap warganegara pada saat berada di Birma pekan ini. Para legislator yang mewakili Kaukus Birma ASEAN mengeluarkan pernyataan hari Rabu, saat diketahui Hamid akan berangkat ke Birma hari Kamis sebagai utusan Asean. Para anggota parlemen itu bereaksi terhadap insiden pekan lalu dimana para petugas kota di Rangoon memukuli sampai tewas bekas tahanan politik That Naing Oo sewaktu dia didapati buang air kecil di tempat umum.

Kelompok itu mengatakan, insiden itu merupakan bukti lagi bahwa tindak kekerasan terhadap masyarakat umum – teristimewa penganjur pro-demokrasi – masih merajalela di bawah pemerintah militer Birma. Para anggota parlemen Asean itu menghimbau pemerintah militer di Rangoon untuk mengganjar mereka yang telah menyebabkan kematian itu.

XS
SM
MD
LG