Tautan-tautan Akses

Golongan Oposisi Belarusia Melakukan Demonstrasi Ke-4 di Kota Minsk


Para aktifis golongan oposisi Belarusia melakukan demonstrasi hari ke-empat di ibukota, Minsk, menentang terpilihnya kembali Presiden Alexander Lukashenko. Kira-kira 600 pengunjuk rasa menahan suhu dingin pada malam kedua di Lapangan Oktober di kota Minsk, jumlah orang yang lebih banyak dari pada hari Senin malam.

Polisi huru-hara tidak mencoba membubarkan aksi unjuk rasa itu, meskipun pihak berwenang Belarusia biasanya segera menindak aksi penentangan di negara yang dikontrol dengan ketat. Tokoh oposisi Belarusia Alexander Milinkevich mendorong para pendukungnya di lapangan itu agar berkumpul setiap hari sampai hari Sabtu ketika diadakan demonstrasi besar-besaran anti pemerintah.

Ketika malam tiba hari Selasa, beberapa ribu demonstran berada di lapangan itu, mengabaikan larangan resmi untuk berkumpul. Lima dutabesar Eropa – termasuk dari Inggris, Prancis, dan Latvia – menghadiri aksi unjuk rasa itu. Para pejabat pemilihan mengatakan Presiden Lukashenko memenangkan masa jabatan ketiga hari Minggu dengan 83 persen suara, sementara Milinkevich memperoleh enam persen. Pejabat-pejabat Amerika dan Uni Eropa mencela pemilu itu dengan menyebutnya curang dan kini mempertimbangkan sanksi baru terhadap Belarusia.

XS
SM
MD
LG