Tautan-tautan Akses

Bush: Pemerintah Irak Yang Berhak Putuskan Penarikan Pasukan AS


Presiden Bush mengatakan penarikan mundur semua pasukan Amerika dari Irak merupakan tujuan yang akan diputuskan oleh presiden-presiden dan pemerintahan masa depan Irak. Pada jumpa pers di Washington hari Selasa, Presiden Bush tidak bersedia mengatakan apakah penarikan mundur semacam itu dapat terjadi selagi ia memegang jabatannya, dengan mengatakan hal demikian akan merupakan penetapan jadwal, yang menurut dia, tidak akan dilakukannya.

Presiden Bush mengatakan ia tidak beranggapan Irak telah terperosok ke perang saudara, dan ia optimistik kemenangan dapat tercapai. Ia mengatakan ia tidak akan menempatkan tentara Amerika di Irak jika ia beranggapan mereka tidak akan berhasil. Jumpa pers Presiden Bush berlangsung saat angket baru-baru ini menunjukkan hampir dua-pertiga orang Amerika tidak setuju atas cara dia menangani perang Irak.

Sementara di Irak, pemberontak telah menyerang kompleks pemerintahan di utara Baghdad, menewaskan setidaknya 18 polisi dan membebaskan 30 narapidana. Polisi mengatakan sekitar 100 pemberontak yang bersenjata lengkap menyerbu kompleks di Muqdidiya Selasa pagi, Mereka membakar kantor polisi dan juga menyerang gedung pengadilan.

Polisi Irak mengatakan setidaknya 15 pemberontak tewas dalam tembak-menembak kemudian dengan pasukan keamanan. Pemberontak meledakkan serangkaian bom pinggir jalan selagi mereka melarikan diri sebelum bala-bantuan tentara Irak dan Amerika tiba. Di tempat lain, di Baquba, di utara Baghdad setidaknya seorang polisi tewas akibat bom pinggir jalan. Dan militer Amerika mengatakan seorang prajurit Amerika yang berpatroli di Baghdad tewas akibat tembakan senjata.

XS
SM
MD
LG