Tautan-tautan Akses

Ratusan Warga Belarus Berkemah Sepanjang Malam di Minsk


Ratusan warga Belarus berkemah sepanjang malam di ibukota, Minsk, menentang pemilihan kembali Presiden Alexander Lukashenko hari Minggu dalam pemilihan yang dikecam negara-negara Barat sebagai curang. Paling sedikit 400 demonstran mendirikan tenda-tenda di Lapangan Oktober kota itu hari Senin malam dan bertekad akan melakukan aksi protes 24 jam meskipun suhu sangat dingin.

Para pendukung mencoba memberi selimut, makanan dan minuman hangat kepada para demonstran, tetapi beberapa di antara mereka dihalangi oleh anggota polisi. Beberapa ribu demonstran menduduki lapangan itu Minggu malam dan sebelumnya hari Senin. Tokoh oposisi Belarus Alexander Milinkevich mengunjungi lapangan itu dan berjanji akan membantu para demonstran hingga mereka mencapai kemenangan. Milinkevich menyebut pemilihan itu palsu dan menuntut diadakan pemilihan ulang yang bebas dan adil.

Para pejabat pemilihan Belarus mengatakan Lukashenko memenangkan 83 persen jumlah suara hari Minggu, sementara Milinkevich memperoleh enam persen. Lukashenko mengatakan Senin kemarin bahwa usaha lawan-lawannya untuk menyulut “revolusi” telah gagal. Kelompok-kelompok oposisi Belarus berharap akan mengulangi kesuksesan revolusi damai di Ukraina dan Georgia dalam beberapa tahun belakangan ini.

XS
SM
MD
LG