Tautan-tautan Akses

Hamas Serahkan Susunan Kabinetnya Kepada Presiden Mahmud Abbas


Kelompok militan Islam Hamas telah menyerahkan susunan kabinetnya kepada Presiden Mahmoud Abbas untuk mendapatkan persetujuan. PM-terpilih kelompok itu, Ismail Haniyeh, menyerahkan susunan kabinetnya dalam suatu rapat hari Ahad jauh malam. Hamas terpaksa meninggalkan upaya selama berminggu-minggu untuk membentuk sebuah pemerintahan koalisi setelah partai-partai politik lainnya menolak bergabung.

Haniyeh mengatakan pemerintahnya terdiri dari 14 mentri dari Tepi Barat dan 10 dari Jalur Gaza, termasuk seorang perempuan dan seorang Kristen. Ia mengatakan kabinetnya itu termasuk juga pemimpin-pemimpin Hamas Mahmoud Zahar sebagai Mentri LN dan Said Sayam sebagai Mentri Dalam Negri. Presiden Abbas mengatakan sebelum bertemu dengan Haniya bahwa parlemen akan segera bersidang untuk menolak atau mengukuhkan kabinet itu.

Para pembantu Presiden Abbas mengatakan ia tidak akan menggunakan wewenang eksekutifnya untuk menghalangi terbentuknya pemerintahan itu. Tetapi ia diperkirakan akan mendesak Hamas – yang bersumpah akan menghancurkan Israel – agar melunakkan sikapnya yang keras itu.

Dalam perkembangan lain, pejabat-pejabat Israel dan Palestina merencanakan akan mengadakan pembicaraan lebih jauh untuk membuka tempat penyeberangan perbatasan setelah mengadakan pembicaraan mengenai masalah itu dengan pejabat-pejabat Amerika dan Mesir hari ini. Israel menutup penyebarangan utama ke Gaza selama sebagian besar tahun lalu, dan para pejabat PBB memperingatkan kekurangan pangan di kawasan itu mendekati tingkat krisis.

XS
SM
MD
LG