Tautan-tautan Akses

Jenazah Mantan Presiden Yugoslavia Slobodan Milosevic Dibuka untuk Pelayat


Jenazah mantan Presiden Yugoslavia Slobodan Milosevic dibuka untuk pelayat hari ini, di sebuah museum zaman komunis di Beograd. Para pengurus partainya Milosevic, partai Sosialis, mengatakan peti jenazah akan berada disana sampai hari Sabtu. Setelah itu, jenazah Milosevic akan diangkut ke kota asalnya, Pozarevac, kira-kira 70 kilometer di selatan Beograd. Milosevic akan dimakamkan di pekarangan rumah keluarganya.

Tidak akan ada upacara resmi utuk mengenang Milosevic. Presiden Serbia Boris Tadic telah menutup kemungkinan acara pemakaman kenegaraan.

Para pendukung Milosevic memandangnya sebagai pahlawan. Ratusan orang menangis dan melemparkan kembang ketika peti jenazahnya tiba hari Selasa di bandar udara Beograd dan diangkut dengan mobil ke rumah mayat kota.

Milosevic meninggal dunia pekan lalu dalam sel tahanannya di Mahkamah Kejahatan Perang Den Haag. Ia tadinya diadili atas tuduhan pembantaian dan kejahatan terhadap kemanusiaan dalam perang Balkan tahun 1990-an.

Laporan pemeriksaan jenazah mengatakan ia meninggal akibat serangan jantung. Dokter telah memastikan bahwa keracunan bukan penyebab kematian Milosevic, setelah adanya spekulasi bahwa Milosevic secara rahasia menelan obat untuk membuatnya sakit supaya ia dapat keluar tahanan untuk mendapat pengobatan.

XS
SM
MD
LG