Tautan-tautan Akses

Israel Hentikan Pengepungan Penjara Palestina, 80 Napi Menyerah


Israel mengakhiri pengepungan sehari di salah satu penjara Palestina di Jericho setelah 80 narapidana menyerah, termasuk seorang lelaki yang dituduh bertanggung jawab atas pembunuhan seorang menteri pemerintah Israel.

Para narapidana, yang pada mulanya tidak mau menyerah, hari Selasa berbaris dengan mengangkat tangan mereka. Di antaranya termasuk Ahmed Saadat, yang menurut Israel memerintahkan pembunuhan menteri pariwisata Rehavam Zeevi tahun 200. Saadat tadinya memberitahu televisi al-Jazeera ia lebih baik mati daripada menyerah kepada Israel.

Pejabat-pejabat Israel mengatakan mereka menyerbu penjara itu karena Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengisyaratkan ia bersedia membebaskan Saadat dan para militan lainnya yang masih dipenjara. Inggris dan Amerika tadinya telah memindahkan para pemantau mereka sebelum pengepungan itu, tetapi mengatakan mereka tidak memperoleh pemberitahuan sebelumnya bahwa Israel hendak menyerbu penjara itu. Orang Palestana yang marah di Gaza dan Tepi Barat menculik sedikitnya 17 warga asing. Beberapa masih disandera. Orang Palestina juga membakar pusat kebudayaan Inggris di Jalur Gaza.

Para pejabat di Prancis mengatakan militan Palestina telah membebaskan dua wanita Prancis yang disandera di Jalur Gaza. Kedua sandera, dua-duanya bekerja untuk organisasi amal Dokter-Dokter Sedunia, termasuk di antara setidaknya 17 orang asing yang diculik hari Selasa oleh orang Palestina yang marah di Gaza dan Tepi Barat. Penculikan itu terjadi sebagai pembalasan atas penyerbuan Israel ke penjara orang Palestina di Jericho.

XS
SM
MD
LG