Tautan-tautan Akses

Pakar Flu Burung PBB Menyatakan Krisis Kawasan di Afrika Barat


Pakar flu burung PBB menyatakan krisis kawasan di Afrika Barat, dimana Niger dan Nigeria sedang berusaha membendung virus itu. Pakar tersebut, Dr. David Nabarro mengatakan hari Rabu penyebaran virus jenis ganas H5N1 telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan di beberapa daerah Afrika Barat dan mengatakan seluruh kawasan itu sedang menghadapi bahaya.

Nabarro mengatakan, kami benar-benar sedang mefokuskan perhatian pada Afrika Barat berkenaan dengan H5N1. Dua negara sudah terkena flu bur8ung, yakni Nigeria dan Niger, namun kasus serupa mungkin juga ditemukan di negara-negara Afrika Barat lain.

Menurut Nabarro mengatakan hampir tidak ada penduduk Afrika Barat yang mampu membangun kandang ayam yang dapat membantu membendung virus itu. Dr. Nabarro juga mengatakan ia memperkirakan flu burung akan sampai di Amerika Utara sebelum akhir tahun ini.

Para pejabat Amerika mengatakan mereka berencana untuk mengetes sampai 100 ribu ekor burung – sebagian besar di Alaska dan kepulauan Pasifik di dekatnya, dimana burung yang datang dari Asia dan Amerika Utara berkumpul.

Flu burung telah menyebar dari Asia ke Eropa, Afrika, dan Timur Tengah dalam beberapa bulan ini.

XS
SM
MD
LG