Tautan-tautan Akses

IAEA Mengadakan Pertemuan Lagi untuk Membahas Persengketaan Nuklir Iran


Badan Tenaga Atom Internasional, IAEA, akan mengadakan pertemuan lagi hari Selasa ini untuk melakukan pembicaraan yang dapat menyebabkan diserahkannya persengketaan nuklir Iran kepada Dewan Keamanan PBB.

Dewan Gubernur IAEA pekan ini di Wina diperkirakan akan membicarakan laporan mengenai Iran dari pimpinan IAEA Mohamed ElBaradei.

ElBaradei telah mengatakan ia optimistis bahwa persengketaan itu akan dapat diselesaikan segera – tampaknya ia merujuk pada proposal Russia yang meminta agar Iran menghentikan untuk sementara kegiatan pengolahan uraniumnya. Iran pada masa depan mungkin akan diizinkan memulai lagi riset nuklir terbatas.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Nicholas Burns mengatakan pemerintahan Bush akan menolak proposal apapun yang tidak akan menghentikan kegiatan pengolahan uranium domestik Iran.

Burns mengatakan bahwa dunia harus bersikap tegas dalam usaha menghentikan kegiatan nuklir Iran. Dia juga mengatakan Amerika akan membentuk koalisi negara-negara dunia guna mendorong agar Iran dikenakan sanksi-sanksi PBB.

Cina hari ini mendesak Iran agar bekerja sama sepenuhnya dengan IAEA guna menghentikan persengketaan dengan Barat mengenai program nuklirnya

XS
SM
MD
LG