Tautan-tautan Akses

PM Cina Wen Jiabao Buka Kongres Rakyat Nasional, Tegaskan Upaya Penyatuan Taiwan


Perdana Menteri Cina Wen Jiabao membuka sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional negara itu dengan mengumumkan rencana meningkatkan usaha untuk bersatu kembali dengan Taiwan dan menanggulangi masalah pedesaan. Wen Jiabao memperingatkan hari ini di Beijing, siapa saja yang merintangi penyatuan kembali Taiwan dengan Cina Daratan akan gagal.

Meskipun Cina mengatakan menghendaki reunifikasi damai dengan pulau itu, Beijing mengumumkan peningkatan anggaran pertahanan hampir 15 persen. Hubungan antara kedua pihak tegang pekan lalu sewaktu Presiden Chen Shui-bian mengumumkan keputusannya menghentikan pendanaan Dewan Unifikasi Nasional dan membatalkan garis pedoman re-unifikasi dengan Cina.

PM Wen Jiabao juga mengumumkan, tindakan keras harus diambil untuk menenangkan populasi pedesaan yang dilanda kerusuhan. Sewaktu membuka sidang Kongres hari ini, Wen juga mengumumkan rencana meningkatkan dana untuk pendidikan, pelayanan kesehatan dan prasarana di kawasan pedesaan.

Paket pengeluaran itu dimaksudkan untuk memperkecil kesenjangan yang semakin dalam antara golongan kaya dan miskin, yang digarisbawahi oleh ribuan peristiwa pemberontakan rusuh buruh tani tahun ini. Wen juga mengatakan, ekonomi Cina diduga akan melambat sekitar 8 persen, turun hampir 10 persen tahun lalu. Cina berusaha mengendalikan pertumbuhan cepat ekonominya untuk mencegah kenaikan inflasi .

XS
SM
MD
LG