Tautan-tautan Akses

Partai Presiden Mbeki Raih Kemenangan Besar Dalam Pemilu Lokal di Afsel


Presiden Afrika Selatan Tabo Mbeki mengatakan Partainya, Kongres Nasional Afrika yang berkuasa telah menjadi lebih kuat daripada sebelumnya setelah meraih kemenangan besar dalam pemilu lokal hari Rabu.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hari Sabtu, Presiden Mbeki mengatakan Kongres Nasional Afrika sekarang menghadapi tugas memenuhi janjinya kepada rakyat Afrika Selatan untuk mengusahakan pemerintah lokal bekerja dengan lebih baik bagai kepentingan setiap orang.

Ia mengatakan, Kongres Nasional Afrika tidak akan mengkhianati kepercayaan rakyat pada partai itu. Hasil akhir pemilu itu yang diumumkan hari Sabtu , menunjukkan bahwa Kongres Nasional Afrika memperoleh 66 persen suara. Saingan dekatnya Aliansi Demokrat yang beroposisi memperoleh kurang lebih 14 persen suara.

Sebelum pemilu berlangsung, para analis mengatakan, para pemilih marah dengan Partai Kongres Nasional Afrika karena tidak memberikan layanan pokok kepada banyak penduduk. Pemilu lokal itu secara luas dianggap sebagai ujian untuk mengukur kesetiaan pemilih pada partai yang menghapus apartheid itu.

XS
SM
MD
LG